Minggu, 30 November 2014

Kegiatan Menulis di perguruan tinggi

Bhs.Indonesia
Kelompok : 
Ikhsan Ramadhan
Sri Utami
(3KA07)

KEGIATAN MENULIS DI PERGURUAN TINGGI

2.1 Kegiatan Menulis

Kegiatan menulis merupakan bagian yang tak terpisah dalam seluruh proses belajar yang dialami mahasiswa selamam enuntut ilmu di perguruan tinggi, karena diharapkan akan memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalami mengenaitopik yang ditulisnya. Beberapa keuntungan dari pelaksanaan penulisan :

1.Dengan menulis kita lebih mengenali kemampuan potensi diri dan mengetahui batas kemampuan tentang suatu topik.

2.Melalui menulis dapat mengembangkan berbagai gagasan melalui membandingkan fakta-fakta yang tidak pernah dilakukan.

3.Kegiatan menulis dapat lebih banyak menyerap, mencari, serta menguasai informasi tentang topik yang akan ditulis.

4.Menulis berarti mengorganisasikan gagasan secara sistematik serta mengungkapkan secara tersurat, dengan demikian dapat menjelaskan permasalahan yang belum jelas.


5.Menulisakan dapat meninjau serta menilai gagasan secara objektif.

6.Dengan menulis akan mempermudah memecahkan permasalahan, yaitu menganalisis secara tersurat dalam konteks yang lebih konkret.

7.Dapat mendorong belajar secara aktif.

8.Kegiatan menulis yang terencana akan membiasakan berpikir serta berbahasa secara tertib.

Tulisan yang baik mempunyai ciri: bermakna, jelas/lugas,merupakan kesatuan yang bulat,singkat dan padat serta memenuh ikaidah kebahasaan dan harus bersifat komunikatif. Untuk menghasilkan tulisan seperti diatas harus memiliki pengetahuan apa yang akan ditulis.

2.2 MenulisSebagai Proses
Kegiatan menulis ialah suatu proses penulisan dengan beberapa tahap yakni:

a.Tahap  pra penulisan
Tahap ini merupakan tahap perencanaan atau persiapan menulis dan mencakup beberapa langkah kegiatan yaitu:

1.Kegiatan ini di mulai dengan menentukan topik / tema.

2.Membatasi topik berarti mempersempit dan memperkhusus lingkup pembicaraan Caranya adalah dengan membuat klasifikasi.

3.Menentukan bahan atau materi penulisan,macamnya,beberapa luasnya dan darimana diperoleh, seperti : jenismateri , luasmateri , sumbermateri .

4.Menyusun kerangka karangan, artinya memecahkan topik menjadi bagian – bagian atau subtopik—subtopik .

b. Tahap penulisan
Pada tahap ini membahas setiap butir topik yang ada di dala mkerangka yang disusun dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah diklasifikasikan menurut keperluan sendiri.

c. Tahap Revisi
Pada tahap ini biasanya meneliti secara menyeluruh mengenai logika, sistematika, ejaan, tanda baca pilihan kata, kalimat, paragraf, mengetikan catatan kaki dan daftar pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar