Organisasi
harus mempunyai visi dan misi yang kuat agar organisasi tersebut dapat berjalan
dan mempunyai sebuah tujuan. Setiap organisai juga dapat memiliki sebuah
masalah intern maupun ekstren sehingga menimbulkan sebuah konflik, Konflik dalam
organisasi adalah suatu perbedaan sudut pandang, pemikiran, visi dan misi dari
anggotanya didalam organisasi tersebut. Sebuah konflik disebabkan oleh beberapa
factor yaitu diantaranya :
·
Selisih pendapat dengan pihak lain
(kontra)
·
Terjadi perbedaan dalam hal nilai,
tujuan, status dan budaya
·
Tidak bisa menerima pendapat/
bertentangan
·
Sikap egois atau mau menang sendiri
·
Perbedaan prinsip
·
Adanya pihak ketiga yang mengadu domba/
salah paham
Banyak
yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan sebuah konflik namun banyak juga
permasalahan yang tidak dapat diselesaikan karena adanya rasa ingin menang dan
tidak menjatuhkan harga diri mereka untuk saling meminta maaf. Tidak semua
konflik merugikan sebuah organisasi Konflik yang
ditata dan dikendalikan dengan baik dapat berujung pada keuntungan organisasi
sebagai suatu kesatuan, karna setelah adanya konflik organisasi akan lebih baik
dan lebih baik lagi. semau konflik seharusnya bisa diredam dan mendapatkan jalan terbaik untuk organisasi tersebut bagaimana organisasi itu dapat menyelesaikannya dan mengupayakan semua jalan terbaik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar