Jumat, 29 November 2013

Resume Konflik Dalam Organisasi



Organisasi harus mempunyai visi dan misi yang kuat agar organisasi tersebut dapat berjalan dan mempunyai sebuah tujuan. Setiap organisai juga dapat memiliki sebuah masalah intern maupun ekstren sehingga menimbulkan sebuah konflik, Konflik dalam organisasi adalah suatu perbedaan sudut pandang, pemikiran, visi dan misi dari anggotanya didalam organisasi tersebut. Sebuah konflik disebabkan oleh beberapa factor yaitu diantaranya :
·         Selisih pendapat dengan pihak lain (kontra)
·         Terjadi perbedaan dalam hal nilai, tujuan, status dan budaya
·         Tidak bisa menerima pendapat/ bertentangan
·         Sikap egois atau mau menang sendiri
·         Perbedaan prinsip
·         Adanya pihak ketiga yang mengadu domba/ salah paham
Banyak yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan sebuah konflik namun banyak juga permasalahan yang tidak dapat diselesaikan karena adanya rasa ingin menang dan tidak menjatuhkan harga diri mereka untuk saling meminta maaf. Tidak semua konflik merugikan sebuah organisasi Konflik yang ditata dan dikendalikan dengan baik dapat berujung pada keuntungan organisasi sebagai suatu kesatuan, karna setelah adanya konflik organisasi akan lebih baik dan lebih baik lagi. semau konflik seharusnya bisa diredam dan mendapatkan jalan terbaik untuk organisasi tersebut bagaimana organisasi itu dapat menyelesaikannya dan mengupayakan semua jalan terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar